4 Langkah Mudah Menemukan Passion

Kuliah, dan juga kerja, agar dapat dijalani dengan enjoy dan mampu membawa kita kepada kebahagiaan dan kesuksesan haruslah dilakukan sesuai dengan passion. Beragam studi tentang Human Performance telah membenarkan bahwa level kreativitas dan produktivitas puncak akan lebih mudah diperoleh saat seseorang mencintai apa yang ia lakukan.

Oleh sebab itu,  menemukan jurusan kuliah atau pekerjaan yang selaras dengan passion adalah ‘sesuatu’ yang harus dilakukan agar dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan, baik ketika kuliah maupun setelah masuk ke dunia kerja. Namun, apa sebenarnya passion itu?

Passion, sederhananya adalah kenikmatan jiwa, kesesuaian hati dengan aktifitas yang dilakukannya sehingga ia bisa melakukan aktifitasnya dengan sepenuh hati sehingga ia benar-benar menikmati aktifitas yang dilakukannya. Selain itu, ia merasa aktifitas tersebut tidak hanya memuaskan kecintaan dan kesenangannya belaka, namun juga memiliki arti bagi hidupnya. Kira-kira begitulah passion. Kemudian, bagaimana cara menemukannya?

Berikut ini kita mau mencoba menelisik 4 langkah yang, semoga, dapat membantu kita untuk memahami apa itu passsion dan juga mengerti bagaimana cara menemukannya.

  1. Hobby

Biasanya begitu, Hobby. Ya, hobby. Hobby yang dilakukan biasanya menunjukan bahwa disitulah passion anda.

Jika ditanya apa hobby anda, tentu jawabannya akan sangat beragam. Mungkin ada yang hobby memancing ke sungai-sungai sampai berari-hari, ada pula yang hobby berkelana mencicipi aneka masakan sampai ke pelosok daerah, ada yang suka menanam macam-macam biji di pekarangan rumah, ada pula yang senang membaca buku. Atau ada juga yang sangat suka membantu memijat orang yang sedang pegal-pegal atau keseleo.

Hobby itu sejatinya telah memberikan petunjuk awal tentang apa passion anda sebenarnya. Walaupun sementara ini, semua hal tersebut mungkin hanya dilakukan untuk sekedar untuk bersenang-senang dan mencari kepuasan saja. Jadi, sekarang tinggal diinventarisir saja, apa hobby kita selama ini. Namun perlu diingat bahwa hobby BELUM TENTU passion anda.

  1. Alasan

Alasan menjadi sesuatu hal yang penting dalam menemukan passion. Sebab tanpa sebuah alasan kuat, hobby hanya akan tetap menjadi suatu kesenangan belaka dan tidak akan berubah menjadi sebuah passion.

Alasan apa yang mendorong kita melakukan sesuatu itu? Apakah karena ingin dianggap pakar dalam bidang tertentu, ingin menjadi sesuatu (jadi programmer atu presiden misalnya), ingin supaya terkenal, atau ingin menghasilkan uang dari yang ditekuninya, atau ingin membahagiakan orang-orang yang dicintainya. Bisa beragam jawabannya.

Alasan ini akan mendorong kita untuk lebih fokus dan perhatian dengan aktifitas yang kita lakukan. Jika kita telah mengerti apa alasan kuat dari aktifitas yang kita lakukan, maka kita sudah semakin dekat untuk menemukan apa passion kita sebenarnya. Oleh karena itu, setelah kita mengetahui apa saja hobby kita, maka saatnya untuk menemukan apa alasan kuat dibalik hobby yang kita lakukan itu.

  1. Bermanfaat

Melakukan hobby yang memiliki alasan kuat untuk melakukannya adalah hal yang sangat baik. Namun akan lebih baiklagi jika hobby atau seseuatu itu bisa dirubah menjadi hal yang memberikan manfaat. Manfaat bagi siapa? Ya bagi siapa saja. Bisa anda sendiri, keluarga atau orang lain di sekitar anda.

Manfaatnya bisa apa saja. Entah itu memberikan kemudahan, kegembiraan atau kebahagiaan, termasuk tambahan penghasilan, bagi diri anda sendiri, keluarga  atau orang lain.

Jika tidak bisa memberikan manfaat, maka passion anda belum dianggap sempurna. Sebab tanpa sebuah manfaat, maka hobby tetap hanya akan menjadi hobby seberapapun kuat alasannya.

Bahasa sederhananya, passion adalah hobi yang memiliki alasan kuat  dan memberikan manfaat. Maka akan terasa  sangat indah jika kita bisa melakukan kuliah dan pekerjaan yang  berkaitan erat dengan hobi kita.

Nah, kalau hobby kita sudah memiliki alasan kuat untuk melakukannya, maka tinggal diakali, bagaimana caranya agar hobby itu bisa memberikan manfaat.

  1. Kebebasan

Berdasarkan pengalaman pribadi, passion biasanya hanya akan muncul ketika kita memperoleh kebebasan untuk berkreasi yang relatif luas.

Kebebasan adalah kunci yang membuat kita bisa menjalani hobby dan juga kuliah menjadi sesuatu yang menyenangkan, produktif  dan tanpa beban. Jika anda merasa bebas untuk berkreasi dalam mengembangkan hobby yang memiliki manfaat tersebut, maka kemungkinan besar itulah PASSION anda.

Demikianlah, 4 langkah yang dapat ditempuh untuk menemukan apa sebenarnya passion anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *