5 Alasan Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

memilih perguruan tinggi negeriMemilih perguruan tinggi negeri adalah hal yang biasa dilakukan setelah atau menjelang lulus dari SMA/MA. Hal tersebut dilakukan bagi mereka yang memilih untuk melanjutkan kuliah.

Pilihan tempat kuliah kini beragam, mau pilih yang dalam kota atau luar kota, mau pilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).  Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alasan memilih kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). untuk alasan memilih perguruan tinggi swasta sudah dibahas disini.

  1. Brand Keren

Alasan memilih perguruan tinggi negeri yang pertama adalah Brand atau nama besar yang keren. Siapa yang tidak bangga menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi negeri yang sudah punya nama, semisal ITB, UGM, UI, Unpad dan sejenisnya. Tantu kita akan sangat bangga karena turut menyandang brand keren tersebut.

Hal ini agak berbeda jika dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta. Tentu secara umum brand perguruan tinggi swasta tidak sebagus brand perguruan tinggi negeri. Kecuali pada kampus-kampus tertentu yang memang sudah punya nama. Contoh UMM atau Trisakti.

  1. Seleksi Ketat

Alasan memilih perguruan tinggi negeri yang kedua adalah kebanggaan karena telah berhasil mewati ujian seleksi yang ketat. Seperti sudah diketahui, peminat masuk ke perguruan tinggi negeri sangat tinggi. Setiap SNMPTN digelar,  peminatnya pasti membludak. Jika kita berhasil lolos dalam ujian SNMPTN ini, tentu menjadi suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri karena telah berhasil mengalahkan ribuan pesaing dari seluruh Indonesia.

Selain SNMPTN, memang ada jalur lain yang dapat digunakan untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri yaitu jalur undangan atau jalur ujian mandiri. Jalur undangan artinya para siswa dari berbagai sekolah yang memiliki prestasi sangat baik atau memiliki talenta tertentu diundang oleh suatu perguruan tinggi negeri untuk menjadi calon mahasiswa di kampus tersebut. Sedangkan jalur ujian mandiri adalah ujian yang dilangsungkan secara mandiri oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

Walaupun ada jalur lain selain SNMPTN, tetap saja sebagian besar calon mahasiswa memilih jalur SNMPTN.

  1. Biaya

Biaya kuliah yang murah atau mahal sebenarnya relatif.  Namun demikian, biaya untuk kuliah di perguruan tinggi negeri cenderung jauh lebih murah dibanding di perguruan tinggi swasta, terutama untuk yang masuk melalui jalur undangan dan SBMPTN. Namun, jika kita masuk melalui jalur ujian mandiri, biayanya relatif akan sama bahkan bisa jadi lebih mahal.

Oleh karenanya, jika hendak masuk ke perguruan tinggi negeri, sebaiknya melalui jalur SNMPTN, syukur-syukur bisa masuk melalui jalur undangan, Mantap.

Ada khabar baik untuk anda yang memilih masuk ke perguruan tinggi negeri. Biasanya di perguruan tinggi negeri banyak peluang beasiswa untuk membantu meringankan beban biaya kuliah tersebut.

  1. Ikatan Alumni

Pertimbangan adanya ikatan alumni bisa dijadikan pertimbangan selanjutnya. Walaupun ikatan alumni ini ada pada hampir semua perguruan tinggi. Namun demikian, umumnya ikatan alumni pada perguruan tinggi negeri lebih besar dan lebih luas jaringannya sehingga bisa lebih banyak membantu.

Ikatan alumni ini dapat membantu tentu jika kita rajin kontak dengan mereka dan selalu update informasi.

  1. Kualitas

Pertimbangan kualitas mau tidak mau menjadi pertimbangan memilih perguruan tinggi negeri. Sampai saat ini perguruan tinggi negeri masih mendapat layanan dan support yang jauh lebih baik dibanding perguruan tinggi swasta. Jadi, wajar saja jika pergurun tinggi negeri pada beberapa sisi lebih baik dari pada perguruan tinggi swasta.

Tapi, mengapa ini diletakan paling akhir?

Sebab, sekarang perguruan tinggi swasta pun sudah banyak berubah dan berinovasi melahirkan program pendidikan yang juga berkualitas. Inovasi-inovasi tersebut muncul karena perguruan tinggi swasta harus bersaing keras untuk mendapatkan mahasiswa. Hal ini pada akhirnya akan memacu peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi swasta.

 

Demikianlah, beberapa pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi negeri. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *