Alasan memilih Kuliah di STIKES Al-Irsyad Cilacap (1)

alasan kualih di stikes al-irsyad cilacapSTIKes Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap kini semakin memantapkan diri untuk menjadi pilihan terbaik calon mahasiswa, terutama bagi yang hendak menekuni profesi di bidang kesehatan. Hal ini tak lepas dari pandangan masyarakat yang mulai berubah untuk lebih melihat sebuah perguruan tinggi dari sisi kualitas daripada status negeri atau swasta.

Bagi yang belum mengetahui alasan mengapa harus memilih kuliah di Sekolah Kesehatan, dapat dibaca di sini.

Terbukti, untuk tahun 2015 ini STIKes Al-Irsyad Cilacap membuka satu program studi baru yaitu program S1 Farmasi. Hal ini didasarkan pada tingginya minat terhadap program S1 farmasi dan masih sangat terbukanya peluang kerja bagi para alumni.

Berkaitan dengan alasan pemilihan, maka setidaknya ada lima alasan calon mahasiswa untuk memilih kuliah di STIKes Al-Irsyad Cilacap.

Pertama, pengakuan akreditasi. Saat ini semua program studi (kecuali yang baru dibentuk) telah terakreditasi oleh BAN-PT. Akreditasi adalah ukuran standar dan resmi untuk mengukur kualitas PTN dan PTS se Indonesia. Oleh karena itu, dapat dijadikan rujukan kualitas sebuah perguruan tinggi. Hal ini menunjukan bahwa STIKes Al-Irsyad Cilacap memiliki kualitas yang sejajar bahkan mampu lebih baik jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain terutama yang menekuni bidang kesehatan.

Kedua, STIKes Al-Irsyad Cilacap adalah kampus yang mengusung konsep Green Campus. Konsep green campus ini adalah komitmen dari semua civitas akademika STIKES Al-Irsyad untuk membentuk lingkungan yang hijau. Hijau dalam artian lingkungan yang rindang dan sejuk, juga ‘hijau’ dalam artian dinaungi oleh nilai-nilai Islami yang sehat dan positif. Salah satu wujudnya adalah menjadi kampus dan asrama adalah area bebas rokok.

Ketiga, kampus STIKes Al-Irsyad telah berdiri sejak tahun 1995.  Rentang waktu 20 tahun (1995 – 2015) adalah waktu yang lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa STIKes Al-Irsyad Cilacap telah memiliki pengalaman yang memadai untuk menjalankan sebuah konsep pendidikan yang bukan hanya memberikan out put lulusan sangat baik namun juga memenuhi harapan dari dunia kerja.

Keempat, program studi yang beragam. Sampai tahun 2015 ini, STIKes Al-Irsyad Cilacap telah membuka 6 program studi yaitu D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 Fisioterapi, D3 Farmasi, S1 Keperawatan, S1 Farmasi dan program profesi Ners. Banyaknya program studi yang dikelola menunjukan optimisme dari seluruh civitas akademika STIKes Al-Irsyad Cilacap untuk dapat melayani lebih baik dan lebih banyak mahasiswa.

Kelima, program pembinaan yang komprehensif. Ini sebenarnya salah satu keunggulan khas dari STIKes Al-Irsyad Cilacap yang terus dikembangkan hingga sekarang. Komprehensif ini artinya mencakup seluruh aspek kemanusiaan seorang mahasiswa. Aspek ilmu-ilmu kuliah tentu sudah pasti diberikan. Namun aspek-aspek yang lainpun diberikan oleh Kampus. Mulai dari keberadaan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) untuk mewadahi semangat berorganisasi para mahasiswa, tersedianya Klinik dan Apotik Al-Irsyad sebagai fasilitas kesehatan terpadu, sampai dengan pembinaan akhlak agama dan moralnya melalui kegiatan halaqoh (linkke menu download) baik tingkat asrama maupun non asrama.

Pembinaan akhlak agama dan moral ini dilakukan pula dalam bentuk lain, misalnya dengan adanya pengingat setiap kali hendak masuk waktu sholat. Bahkan, para mahasiswapun diarahkan untuk mengikuti praktik Sholat gerhana di Masjid kampus ketika terjadi gerhana. Selain itu, para mahasiswa juga mendapat pembekalan keagamaan lainnya seperti pelatihan mengurus jenazah.

Lima alasan tadi, sudah cukup untuk memberikan gambaran bahwa STIKes Al-Irsyad Cilacap adalah salah satu sekolah kesehatan terbaik di Indonesia dan layak menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang hendak menekuni bidang kesehatan. Khabar baiknya, pendaftaran untuk calon mahasiswa baru STIKes Al-Irsyad Cilacap tahun akademik 2018 – 2019 sudah dimulai sejak sekarang.



banner-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *