Beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi.

beda universitas, institut, sekolh tinggi, politeknik dana akademiBanyak yang belum tahu, apa perbedaan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Namun yang pasti semuanya, khususnya di Indonesia, tergolong jenjang pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi, di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu kelompok  pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Kelompok pendidikan akademik dalam proses pendidikan dan pengajarannya memiliki fokus dalam penguasaan ilmu pengetahuan bagi para lulusannya, sedangkan kelompok pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pengajaran dan proses pendidikannya pada persiapan lulusan agar dapat mengaplikasikan keahliannya.

Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan pendidikan akademik dan atau vokasi juga dapat dibedakan berdasarkan jenjang dan program studi yang ditawarkannya  seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi dan akademi komunitas. Masing-masing memiliki pengertian yang hampir mirip, namun masih tetap dapat dilihat sifat khasnya.

Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi. Jika telah memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Universitas ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang sangat luas. Contoh, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Unsoed menyelenggarakan pendidikan yang berbeda-beda rumpun ilmunya. Mulai dari Agribisnis, Teknologi Pangan (rumpun ilmu-ilmu pertanian), Akuntansi, Manajemen (rumpun ilmu-ilmu ekonomi) sampai pada dokter gigi dan ilmu gizi (rumpun ilmu-ilmu kesehatan).

Selain pendidikan akademik, juga ada pendidikan vokasi dan profesinya. Seperti di Unsoed misalnya, untuk pendidikan vokasi ada teknik industri, akuntansi dan kesekretariatan.  Sedangkan untuk pendidikan profesi ada program profesi akuntan, profesi ners, profesi dokter dan profesi dokter gigi.

Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pembedanya adalah ‘sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu’. Jadi lebih terbatas dari pada Universitas yang sangat luas. Jadi hanya pada beberapa rumpun ilmu-ilmu dan atau teknologi saja. Contoh paling gampang misalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB). Semua jurusan yang ada di ITB, walaupun terdapat beberapa rumpun ilmu, namun semuanya fokus pada unsur TEKNIK dan TEKNOLOGInya. Mulai dari teknik kimia, teknik fisika, teknik kelautan, rekayasa pertanian, desain interior, desain komunikasi visual, sampai dengan jurusan perencanaan wilayah dan kota.

Jadi, Institut lebih fokus dan terbatas bidangnya dari pada universitas.

Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Sekolah tinggi lebih sempit lagi pengertiannya, yaitu hanya pada satu rumpun ilmu pengetahuan saja. Contoh Sekolah Tinggi Agama Islam (fokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu Agama Islam), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (fokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu pendidikan dan pengajaran), atau Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (fokus pada pendidikan ilmu-ilmu kesehatan).

Salah satu contohnya adalah STIKes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. STIKes Al-Irsyad Cilacap menyelenggarakan pendidikan hanya pada rumpun ilmu-ilmu kesehatan. Mulai dari keperawatan, kebidanan, farmasi, fisioterapi dan profesi ners. Ada yang jenjang Diploma (D3) dan Sarjana (S1).

Oya, pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2015- 2016 sudah dibuka, GRATIS Flashdisk lho. Infonya klik di sini.

Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Politeknik fokus pada pendidikan vokasi, artinya lebih pada penyiapan alumni untuk langsung menerapkan keahliannya. Keahliannya bisa macam-macam, bisa keahlian di bidang teknologi, bidang ekonomi atau lainnya. Biasanya jenjang yang ada adalah jenjang Diploma.

Salah satu contohnya adalah Politeknik Negeri Cilacap. Polteknik Cilacap menyelenggarakan pendidikan hanya pendidikan vokasi saja dan fokus pada teknik informatika, elektronika dan mesin.

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu. Akademi lebih sempit dari pada sekolah tinggi ataupun politeknik, karena hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang keilmuan.

Bebeberapa contoh akademi misalnya, akademi kebidanan, akademi keperawatan, atau akademi kepolisian. Akademi-akademi tersebut hanya fokus pada keilmuan yang dipelajari sesuai dengan namanya. Jika Akper (akademi keperawatan), maka ia fokus pada pendidikan vokasi keperawatan saja, demikian juga akbid (akademi kebidanan) dan akpol (akademi kepolisian).

Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Akademi komunitas adalah perguruan tinggi yang paling sempit cakupannya. Hanya vokasi, itupun setingkat diploma satu atau dua dalam satu atau beberapa cabang ilmu. Akademi seperti ini sangat jarang di Indonesia, salah satunya adalah Akademi Komunitas Negeri Teknologi Garam Nagekeo yang ada di Kabupaten Nagekeo, NTT. Akademi ini hanya menjalankan program vokasi diploma dua selama dua tahun dan menjalankan program pendidikan produksi dan pengolahan garam.

Demikian perbedaan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi dan Akademi komunitas. Semoga bermanfaat.



banner-1

8 thoughts on “Beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi.

    1. Terima kasih.
      Jika informasi ini dirasa bermanfaat, silahkan dishare ya.
      Agar lebih banyak orang mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *