Mengenal Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya

Jurusan Farmasi, sampai sekarang belum banyak orang yang mengenal apa itu farmasi. Oleh karena itu, insyaAllah, pada tulisan kali ini akan kita bahasa sedikit tentang Jurusan Farmasi. Kalau untuk Jurusan Fisioterapi sudah saya bahas di sini (mengenal Jurusan fisioterapi) dan di sini (prospek jurusan fisioterapi).

Farmasi sesungguhnya adalah salah satu cabang dari ilmu kesehatan. Hampir pada setiap STIKES, ada jurusan Farmasi, namun tidak selalu. Biasanya hanya STIKES yang punya jurusan lengkap yang membuka jurusan Farmasi seperti di STIKES Al-Irsyad Cikacap stikesalirsyadclp.ac.id misalnya. Walaupun bagian dari ilmu kesehatan, Farmasi lebih berfokus pada dasar-dasar seluk beluk mengenai obat-obatan.

Kuliah di jurusan farmasi, ilmu yang dipelajari adalah berupa ilmu untuk membuat sediaan farmasi yang baik (Farmasetika, Bioteknologi Farmasi, Teknologi Sediaan Padat, Analisis Sediaan Farmasi, dll). Sediaan farmasi dapat berupa obat, bahan obat, obat tradisional, kosmetika, vitamin, sabun, shampoo, dan lain sebagainya.

Tidak sekedar itu, farmasi juga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan tubuh manusia baik anatomi, fisiologi, patofisiologi, dll seperti ilmu biomedik, biologi sel dan molekuler, biokimia, patobiokimia, dll. Beberapa ilmu lain yang dipelajari antara lain farmakologi, farmasi fisika, mikrobiologi, dll.

Lulusan dari jurusan farmasi ini biasanya kemudian disebut dengan β€˜Farmasis’. Gelarnya, jika berasal dari jenjang D3 adalah A.Md.Far. Jika dari jenjang S1 maka gelarnya dalah S.Farm.
Seorang farmasis kelak setelah lulus akan dihadapkan pada aktifitas atau pekerjaan yang membutuhkan ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Maka, jika anda hendak mengambil jurusan farmasi dan menjadi farmais, persiapkanlah untuk memiliki karakter-karakter tersebut.

Selama kuliah menempuh studi di jurusan farmasi, akan menghadapi banyak legiatan penelitian, hafalan dan praktik kerja disamping kuliah reguler di kampus. Semuanya tentu saja yang berkaitan dengan pembuatan serta pemahaman seputar obat-obatan dan bahan-bahan penyusunnya.

Prospek Lulusannya bagaimana?

Soal prospek lulusan farmasi, jangan ditanya. Untuk saat ini lulusan farmasi adalah salah satu lulusan yang memilik prospek cerah. Mengapa demikian? Karena bidang kerjanya sangat luas, tanpa banyak orang yang tahu. Contoh beberapa tempat yang memerlukan tenaga farmasi antara lain:
1. Bidang pemerintahan, terutamanya di Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
2. Bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan , polri, maupun TNI.
3. Menjadi dosen pada departemen pendidikan nasional sebagai dosen di bidang farmasi.
4. Bagian apotek atau instalasi farmasi pada berbagai Rumah Sakit.
5. Pada bidang industri obat-obatan misalnya: Kalbe Farma, Bayer, mead Johnsons, dan lain-lain.
6. Pada bidang industri Kosmetik, seperti Mustika ratu, martha Tilaar, Wardah, dan lain-lain.
7. Pada bidang industri makanan seperti Wings Food, Indofood, dan lain-lain.
8. Pada bidang jamu dan obat tradisional seperti air mancur, sido muncul, nyonya meneer, atau deltomed.
9. Pada bidang industri dan perdagangan yang menjadi penjamin mutu, standar keamana dan kualitas produk makanan, obat-obatan maupun kosmetik seperti Sucofindo misalnya.

Tak hanya yang disebutkan diatas, bahkan seorang farmasis bisa sampai diterima bekerja di bank. Hal ini terjadi karena lulusan farmasi lebih sering didapatkan sebagai orang yang terbiasa untuk teliti dan terlatih untuk tekun. Tentu saja jenis orang seperti inilah yang dicari oleh bidang perbankan.

Dari penjelasan di atas kita bisa melihat bahwa ternyata prospek seorang lulusan farmasi untuk mendapat lapangan pekerjaan sekaligus mengabdikan diri kepada masyarakat tidak sekedar pada satu tempat di apotek atau rumah sakit saja tapi bisa lebih luas dari itu.

Namun sejalan dengan peluang yang ada, muncul pula tantangan tersendiri bagi lulusan dan peguruan tinggi farmasi. Selain yang telah disebutkan di awal, bahwa masih banyak yang belum mengenal apa itu sebenarnya ilmu Farmasi termasuk peluang pekerjaan apa saja yang tersedia bagi lulusan lulusan farmasi tersebut.

Maka di sinilah perlunya sosialisasi kepada masyarakat umum tentang pentingnya kehadiran seorang farmasis yang sebenarnya memiliki andil penting serta tanggung jawab dalam bidang kesehatan. Bukan hanya sebagai pendamping dokter sebagai penanggung jawab obat-obatan untuk pasien semata. Sehingga harapannyadapat menarik minat terutamanya dari kaum muda untuk memasuki jurusan farmasi. Selain prospek kerjanya yang masih sangat luas, juga karena lulusan farmasi indonesia khususnya yang menjadi Apoteker masih sangat kurang.

Tapi, apakah itu Apoteker?

Apoteker adalah orang yang memiliki dasar pendidikan dan keterampilan dibidang farmasi. Jadi seorang farmasis dapat menjadi apoteker dengan terlebih dahulu mengikuti pendidikan profesi Apoteker. Setelah lulus dari pendidikan profesi Apoteker ia mendapat tambahan gelar Apt (Apoteker). Seorang apoteker diberi wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan aktifitas kefarmasian. Tugas utamanya menurut UU kesehatan no. 36 tahun 2009 adalah meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat & obat tradisional.

Saat ini di Indonesia baru ada sekitar 50 ribu-an apoteker. Sedangkan rasio apoteker di Indonesia masih 1 berbanding 8000. Dimana jumlah ini masih jauh dari kata ideal. Contoh nyata bisa kita saksikan dirumah-rumah sakit, yang kebanyakan hanya menyediakan satu atau dua orang apoteker saja.

Demikianlah penjelasan mengenai jurusan farmasi dan prospek kerja jurusan farmasi. Informasi di atas banyak saya ambil dari sini. Oke, semoga bermanfaat.



51 thoughts on “Mengenal Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya

  1. Saya seorang pelajar SMK Jurusan Farmasi.
    Saya memilih jurusan ini, karena
    1. Apoteker adalah cita-cita saya
    2. Farmasi itu berhubungan dengan kesehatan
    3. Farmasi peluang kerjanya banyak
    4. Salah satu materinya mempelajari tentang bahan alam
    5. Selain itu, jurusan ini juga sangat berhubungan dengan jurusan kedokteran
    6. Pokoknya banyak bgt alasan saya memilih terjun ke jurusan yang satu ini πŸ™‚

    1. Yups!
      Tepat sekali pertimbangan-pertimbanga tersebut. Dan tren perkembangannya sekarang sangat positif. mbak Novia sudah berada di jalur yang tepat, SMK Farmasi. Saran saya, lanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, agar ilmu farmasinya lebih tajam dan mendalam.

  2. apakah tinggi badan seorang apoteker maupun calon siswa yang akan masuk kuliah di jurusan farmasi mempengaruhi proses belajarnya ? soalnya setiap pendaftaran di stikes-stikes selalu ada persyaratan tinggi badan minimalnya

    1. Apakah,lulusan farmasi dibutuhkan ketinggiannya kak??soalnya saya mau ke farmasi tapi tinggi badan yg jadi masalah

      1. Untuk Jurusan farmasi, secara umum tinggi badan tidak menjadi masalah. Namun ada baiknya bertanya terlebih dahulu ke bagian pendaftaran untuk memastikannya.

  3. Maka mau tanya,saya kelas 3 smk prodi farmasi di smg.. kalo prospek kerja lulusan smk jurusan farmasi gimana ya ? Maunya lgsg ambil s1 farmasi, tp krn ya faktor biaya hehehe, jadikan pgn krja dulu ato kuliah sambil kerja tu bisa ga kak? Sblmnya terimakasih ya kak😊

    1. Prospek kerja farmasi bagus. antara lain
      1. Pelayanan dan penatalaksanaan kesehatan masyarakat seperti menempati formasi Asisten Apoteker pada Instalasi Apotek, Instansi Rumah Sakit Pemerintah maupun swasta
      2. Tenaga penyuluh kesehatan masyarakat di PUSKESMAS
      3. Tenaga Teknisi di Industri Obat, Makanan, Minuman, Alat Kesehatan, Obat Tradisional, Kosmetik, Bahan Kimia
      4. Tenaga Laboran di Lembaga Laboratorium Penelitian dan Laboratorium Klinik
      5. Tenaga Distribusi/Marketing di Pedagang Besar Farmasi (PBF)
      6. Entrepreneuship/Wirausaha dengan membuka toko obat atau Apotek.
      7. Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.

      Ref:
      https://id-id.facebook.com/BimbinganKonselingSmkHassina/posts/401417156594422
      http://papasemar.com/inilah-15-jurusan-smk-yang-menjanjikan-di-masa-depan/
      http://www.careerjet.co.id/lowongan-kerja-lulusan-smk-farmasi.html

  4. Kaka mau tanya,saya kelas 3 smk prodi farmasi di smg.. kalo prospek kerja lulusan smk jurusan farmasi gimana ya ? Maunya lgsg ambil s1 farmasi, tp krn ya faktor biaya hehehe, jadikan pgn krja dulu ato kuliah sambil kerja tu bisa ga kak? Sblmnya terimakasih ya kak😊

    1. Prospeknya sangat bagus. Bisa jadi karyawan atau wiraswasta.
      Kuliah sambil kerja sangat bisa. memang resikonya harus pandai membagi waktu, tenaga dan fikiran. Tapi insyaAllah bisa.

  5. Ping-balik: Farmasi | ...
    1. Bisa.
      Memang jurusannya tidak nyambung. Tapi Farmasi adalah jurusan yang membutuhkan kemampuan analisa dan logika. Itu juga terjadi di jurusan TKJ bukan?

    1. Secara umum sama saja. Karena setelah lulus yang diuji itu kemampuannya. Walaupun kadang ada perusahaan yang membedakan nilai minimal IPK yang diterima antara lulusan PTS dengan PTN.

    1. Bisa.
      Tentu harus lulus dulu ujian masuknya. Setelah itu, tinggal tekun dan serius belajar. Hadapi setiap tantangan dan kesulitannya.

  6. kak mau tanya nih.. kalau lulusan smk akuntansi apakah bisa masuk farmasi dan bisa mengikutinya matkul fisika dan kimia selama studi?
    karena di akuntansi tdk mempelajari ipa

    1. Bisa.
      Kadang mata kuliah menjadi sulit karena kita sudah lebih dulu menilainya sulit. padahal semua bisa dipelajari. padahal semua bisa ditekuni. padahal banyak buku panduan dan tutorial yang sudah ada.
      Memang, dibutuhkan kerja keras dan fikiran yang lebih fokus bagi mereka yang ketika SMA/SMK/MA tidak bertemu dengan pelajaran tertentu kemudian bertemu dengan pelajaran tersebut di kuliah. itu TANTANGANNYA!

  7. Kak saya anak smk farmasi saya mau nanya emang gaji seorang AA(asisten apoteker) Dan apoteker itu sdikit yhaaa..???bnyak yg blang Ngga sbanding dgn penderitaan yg dialami slama kuliah…

    1. Ya, tentu saja. Ilmu-ilmu itu harus dikuasai pada hampir setiap jurusan eksak.
      Tapi tenang saja, anda tidak harus sejenius einstein atau ilmuwan lainnya. Sebab, pelajaran dan keilmuan tentang matematika, kimia dan biologi akan disesuaikan dengan jenjang pendidikannya.
      Jadi, enjoy saja, jangan takut duluan ya. InsyaAllah semua bisa dipelajari dan dikuasai.

    1. Bisa. Kuncinya cuma mau tekun dan rajin belajar. Memang, jurusan IPA lebih diuntungkan karena secara ‘jalur pelajaran’, lebih berdekatan. Tapi, jurusan Farmasi juga sah-sah saja dimasuki anak IPS.
      Tetap semangat ya.

    1. Bisa. Memang kuliahnya akan lebih menantang. Sebab tidak berasal dari jurusan IPA. Tapi dengan belajar tekun, fokus dan tidak menyerah. InsyaAllah kuliah di jurusan Farmasi bisa dilahap.

  8. Wah makasih infonya min,Saya memang masih kelas sepuluh,tapi insyaallah Saya ambil jurusan INI dengan izin Dari orang tua di UNAIR-surabaya,semoga Saya tidal salah ambil jurusan ya rab,aamiin πŸ™

  9. Wah makasih infonya min,Saya memang masih kelas sepuluh,tapi insyaallah Saya ambil jurusan INI dengan izin Dari orang tua di UNAIR-surabaya,semoga Saya tidak salah ambil jurusan ya rab,aamiin πŸ™

  10. Saya kelas 10 jurusan IPA. Kalo mau masuk farmasi yang harus disiapin matang* biar bisa keterima di PTN gimana ya? Saya harus mendalami pelajaran apa aja?

    1. Yang pertama harus disiapkan adalah menghadapi soal-soal Seleksi Masuk PTN tersebut (SNMPTN). untuk hal nii, bisa ikut bimbingan belajar. jika tidak ikut, bisa beli buku@ yang mebahas tentang soal-soal SNMPTN tersebut. Pokoknya, lulus seleksi masuknya dulu.
      Setelah itu, pelajari serius tentang KIMIA, BIOLOGI, dan MATEMATIKA.
      Kimia, dibutuhkan untuk menunjang masalah jenis obat, bahan, sifat dan interaksinya.
      Biologi, dibutuhkan untuk menunjang analisa respon tubuh terhadap obat/ zat yang dimasukkan.
      Matematika, dibutuhkan untuk hitung-hitungan dosis, waktu reaksi zat, dsb.
      Fisika, sedikit dibutuhkan untuk sifat-sifat fisik zatnya.
      Bagaimana?

  11. Saya siswa kelas 12 ipa, saya mau tanya, apa jurusan farmasi itu lebih mengutamakan calon mahasiswa yang lulus dri sekolah farmasi ( smk jurusan farmasi )

    1. Tidak juga. Jurusan farmasi tetap terbuka untuk yang jurusan IPA, dan siswa dari jurusan IPA bisa sukses di jurusan Farmasi. Memang, mereka yang berasal dari sekolah Farmasi akan lebih cepat beradaptasi ketika kuliah.

    1. Bisa.
      Tentu, pada beberapa hal, teman-teman yang berasal dari IPS harus belajar lebih tekun karena misalnya: tidak pernah bertemu dengan pelajaran kimia, jarang bermain dengan matematika atau belum punya dasar tentang anatomi dan fisiologi tubuh.
      Namun demikian, teman-teman yang dari IPS tetap bisa sukses di jurusan Farmasi.

    1. Bisa mas.
      Tentu dengan mengikuti seleksi-seleksinya. Misal yang lingkupnya nasional SNMPTN atau SBMPTN. Bisa juga ikut seleksi yang diselenggarakan mandiri oleh universitas negeri tersebut, misal SIMAK UI (oleh Universitas Indonesia) atau SPMB Mandiri (oleh Universitas Jenderal Soedirman). Kira-kira begitu. Saran saya, sejak sekarang, coba cari tahu jalur-jalur pendaftaran di universitas negeri yang jadi pilihan mu. Mudah-mudahan ketemu dan cocok ya..

    1. Mahal atau tidak, itu relatif karena kita beda-beda kemampuannya. Saran saya:
      1. Cari tahu berapa rata-rata biaya kuliah pada 2 atau 3 Perguruan Tinggi, untuk perkiraan saja.
      2. Cari tahu juga, ada tidak peluang potongan biaya untuk kondisi tertentu. Misal, untuk atlet berprestasi, niai Raport di atas 8, dsb.
      3. Coba cari tahu juga, peluang-peluang beasiswa yang ada.
      Dengan kombinasi 3 point itu, kita bisa memperkirakan kemampuan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *