12 Pertimbangan Memilih Tempat Kost Ideal beserta Alasannya

Tempat kost atau kontrakan, bagi mahasiswa, adalah salah satu hal yang paling mendasar untuk dipenuhi di tempat kuliah. Tentu ini berlaku untuk teman-teman yang kuliahnya berada di luar kota atau jauh dari orang tua dan saudara.

Memilih tempat kost, perlu mempertimbangkan banyak hal. Sebab kita akan tinggal tidak hanya sehari dua hari tetapi berbulan-bulan atau sampai berbilang tahun. Dalam rentang waktu selama kita menempati tempat kost tersebut, tentu akan mempengaruhi kita baik secara langsung atau tidak. Baik itu lingkungan fisik kost atau kondisi sosial di sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih tempat kost yang ideal. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman dalam mencari dan menemukan tempat kost yang sesuai dengan harapan.

#1. Pilih tempat kost yang lokasinya dekat kampus.

Pertimbangannya sederhana, jika lokasinya dekat dengan kampus tentu itu akan menghemat waktu, tenaga dan juga uang teman-teman untuk perjalanan ke kampus. Hal ini sangat membantu bagi teman-teman yang belum memiliki kendaraan. Selain itu, tempat kost yang dekat akan lebih memudahkan teman-teman untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Tapi tunggu dulu, biasanya kost atau kontrakan yang dekat kampus harganya relative lebih mahal daripada yang terletak agak jauh dari kampus. Hal itu wajar terjadi.

Jalan tengahnya, sebelum memilih tempat kost, teman-teman mempertimbangkan kesanggupan teman-teman menempuh perjalanan dari tempat kost ke kampus. Jika teman-teman merasa, akan aman-aman saja jika jarakanya ditempuh dalam 15 menit berjalan kaki misalnya, maka memilih tempat kost yang tidak terlalu dekat adalah pilihan bijak selama masih dalam kesanggupan teman-teman.

Berapa kira-kira jarak ideal dari tempat kost ke kampus? Itu relatif. Tapi waktu tempuh antara 10 – 20 menit berjalan kaki adalah jarak yang tidak terlalu jauh dan relative masih ringan untuk ditempuh.

#2. Pilih lokasi tempat kost yang tidak kumuh dan kotor.

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih tempat kost adalah kebersihan tempat kost. Jangan memilih tempat kost yang kumuh dan atau kotor.

Kondisi kost yang kotor dan kumuh akan mempengaruhi keadaan jiwa dan raga. Apa lagi jika kita sudah terbiasa dengan kebersihan dan kerapian.  Secara jiwa, teman-teman akan merasa tidak nyaman tinggal di tempat tersebut. Risih, jijik dan enggan untuk berlama-lama di tempat kost.

Secara raga, tempat yang kotor dan kumuh adalah tempat yang memungkinkan banyaknya bibit penyakit sehingga tidak bagus bagi kesehatan.

Kondisi tempat kost yang kotor dan kumuh juga akan membuat teman-teman mudah sakit, lemas dan malas mengerjakan sesuatu. Padahal ketika kuliah, pasti akan banyak kegiatan yang harus diikuti, baik akademik maupun non akademik.

Bagaimana melihatnya?

Coba dilihat sekitar tempat kost. Apakah banyak sampah berserakan? Ada air tergenang? Banyak sarang laba-laba dan kotoran cicak bertebaran? Lantai dan dinding berdebu. Atau, rombongan nyamuk yang datang menyambut ketika kita datang ke tempat tersebut?

Jika hal-hal di atas ada, pertimbangkan kembali untuk memilih tempat kost tersebut.

#3.  Pilih tempat kost yang kamar mandi dan WCnya bersih.

Kamar mandi dan WC harus tersedia. Itu Pasti. Tapi tidak hanya tersedia, juga tersedia dalam keadaan bersih dan aman.

WC dan kamar mandi seperti apa yang bersih dan aman?

Kriteria kamar mandi yang bersih dan aman yang pertama bisa dinilai dari sumber air dan pembuanganya. Hati – hati untuk permasalahan sumber air, pastikan airnya bersih, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa, tanyakan pada penduduk sekitar apakah ada pabrik atau usaha warga yang menghasilkan limbah.

Lihat juga pembuangan airnya, apakah air pembuangan terbuang dengan lancar, tidak tergenang dan tidak tercecer, atau malah mampet. Karena genangan air akan memperburuk kebersihan dan menjadi tempat bibit penyakit  yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, air tergenang akan membuat lantai dan dinding menjadi lembab. Jamur akan mudah tumbuh di sana.

Cara mengetahuinya, tinggal siramkan air 2-3 gayung ke lantai kamar mandi, apakah ia lancar mengalir atau malah lambat dan menggenang. Demikian juga dengan WCnya. Siramkan air secukupnya kemudian perhatikan apakah aliran pembuangannya lancar atau lambat dan menggenang terlebih dahulu.

Kamar mandi aman yang bagaimana?

Aman dari hal-hal yang membahayakan tentunya. Misal, pintu kamar mandi tidak ada kuncinya. Atau ada lubang di pintu kamar mandi yang cukup besar sehingga memungkinkan orang melihat ke dalam kamar mandi. Selain itu, lihat lantainya, kesat dan aman atau licin dan berlumut.

#4. Pilih tempat kost yang jauh dari sumber suara yang berlebih.

Suara berlebih artinya suara yang cenderung berada di luar batas toleransi kenyamanan teman-teman. Ukuranya adalah kenyamanan. Pilihlah tempat kost yang jauh dari sumber bunyi berlebih seperti terminal, stasiun KA, pasar, rumah makan, bandara, atau pabrik dengan mesin-mesin yang bising. Tempat – tempat itu biasanya menghasilkan bunyi yang dapat menggangu kenyamanan dan ketenangan.

Terkait dengan suara berlebih pula, sebaiknya tidak memilih kamar kost yang terletak tepat ditepi jalan raya. Apalagi jika jalan raya tersebut adalah jalan raya yang sibuk dan padat. Suara bising kendaraan, raungan knalpot dan bunyi klakson akan mengganggu kenyamanan teman-teman.

#5.  Cari informasi kondisi warga atau masyarakat di lingkungan.

Ini sangat penting dilakukan, agar kita tidak salah mendapatkan lingkungan.

Berdasarkan pengalaman saat kuliah dulu, setiap daerah kost memliki ciri tersendiri . Tempat A orang – orangnya cenderung begini, Tempat B umumnya seperti ini, dan lain lagi dengan tempat C. Oleh karena itu pilihlah yang sesuai dengan keadaan teman-teman. Pilihlah yang lingkungannya relative baik, rukun dan nyaman.

Seperti kata pepatah, kupu – kupu lebih suka berkumpul dengan kupu – kupu, dan ular lebih suka berkumpul dengan ular. Hal yang paling tidak diharapkan dan sangat berbahaya adalah jika lingkungan pergaulan yang buruk tersebut kemudian menyeret diri teman-teman ke kubangan lumpur dosa dan penyesalan.

#6. Pastikan kamar kost atau rumah kontrakan cukup terkena sinar matahari.

Sinar matahari akan sangat berpengaruh pada keadaan ruangan. Tempat yang jarang terkena sinar matahari  jadi lembab dan tidak sehat, karena bisa menjadi faktor pemercepat tumbuhnya jamur, bakteri, mikroba, pathogen dan yang sejenisnya. Ruangan yang jarang atau tidak terkena sinar matahari juga akan terasa pengap. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan.

Selain sinar matahari bagus untuk kesehatan, juga akan mengurangi penggunaan lampu ruangan. Sebab jika kondisi kamar tidak terkena sinar matahari, biasanya pencahayaan akan lebih resup. Kondisi seperti itu tidak bagus untuk membaca. Jika ingin membaca, harus menghidupkan lampu. Padahal membaca adalah makanan sehari-hari mahasiswa.

Sinar matahari bisa berasal dari jendela yang daun pintunya terbuka, ventilasi kamar  atau dari jendela kaca.

#7. Permasalahan udara “ oksigenasi” jangan dikesampingkan.

Sering kali berhubungan dengan kerindangan dan segarnya udara sekitar kost. Kalau bisa pilih tempat kost yang kira kanannya terdapat beberapa tumbuhan, karena akan membuat udara lebih kaya oksigen dan terasa lebih segar.

Terpenuhi kebutuhan oksigen pada tubuh akan membuat badan lebih segar, tidak mudah  mengantuk,  pikiran lebih cerdas dan maksimal untuk bekerja. Perhatikan baik – baik dengan indra pencium teman-teman, adakah bau yang mencurigakan yang terus – menerus dari lingkungan sekitar kost. Jika ada segera tanyakan ke warga/pemilik kost. Bau apa ini?, karena bisa jadi bau dari limbah sekitar yang berbahaya bagi kesehatan paru.

#8. Pertimbangkan jarak warung makan disekitar kost.

Ini memang bukan permasalahan pokok. Namun demikian, pemilihan tempat kost yang agak dekat dengan warung makan akan memudahkan teman-teman untuk memenuhi kebutuhan makan saat teman-teman dalam keadaan sibuk atau tergesa – gesa, ataupun di saat tengah malam.

Akan tetapi ini hanya berlangsung dalam beberapa minggu awal pertama teman-teman pindah ke kost. Setelah lebih dari satu bulan teman-teman akan hafal dengan sendirinya warung makan yang sesuai selera teman-teman di penjuru desa dari kota yang ditinggali.

#9. Gali informasi tentang keamanan lokasi kost dari para pencuri.

Ini akan membuat Anda untuk lebih hati – hati dan waspada dalam menjaga barang berharga. Selain itu hal ini sebagai  pertimbangan barang berharga apa yang akan dibawa kost.

Tentu kita tidak ingin hidup dengan was-was. Berangkat kuliah tidak tenang karena khawatir barang kita dicuri orang. Was-was dan khawatir kehilangan, baik itu barang berharga ataupun tidak begitu  berharga, namun privasi, misalnya pakaian dalam, akan membuat hati dan pikiran tidak tenang.

Untuk mengetahui hal ini, bisa bertanya kepada beberapa teman senior yang menetap di wilayah tersebut.

#10. Pilihkan tempat kost yang ada induk semangnya.

Induk semang artinya orang tua, pemilik atau pengasuh tempat kost tersebut. Hal ini penting agar kondisi lingkungan kost dapat terkontrol dengan baik dan tertib. Selain itu, bisa juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak pantas secara moral atau agama. Misalnya, tamu laki-laki bertamu ke kamar kost perempuan malam hari. Atau misalnya jika ada orang mabuk masuk ke tempat kost, ada yang bisa menangani.

Kost yang tidak ada induk semangnya cenderung bebas tanpa kontrol. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi teman-teman yang merantau jauh dan tidak mengerti dengan kondisi lingkungan setempat.

#11. Sangat dianjurkan untuk mencari tempat kost yang menerapkan system pengelolahan boarding home.

Pengelolaan boarding home itu semacam berasrama. Mirip pondok atau pesantranlah tapi tidak seketat di pesantren tentunya. Jadi bukan sekedar kost.

Tempat kost yang seperti ini akan membawa manfaat bagi teman yang masih kuliah, karena selain kita dapat ilmu dari kampus, kita juga bisa dapat ilmu dari kost atau asrama tersebut. Sistem boarding ini biasanya ditujukan sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan diri para warganya (anggota boarding). Mereka akan diajak menyelami kehidupan dalam masyarkat dengan ilmu yang diusung masing – masing penyelenggara boarding.

Jika teman-teman dapat menemukan dan masuk ke tempat kost yang menggunakan system boarding, maka teman –teman akan mendapatkan tempat yang relatif ideal. Sebab, biasanya, kamarnya cukup layak, bersih. Ada induk semang, pengawas atau pengasuhnya. Selain itu juga akan mendapat tambahan ilmu ilmu lain.

Konsekwensinya, teman-teman harus pandai membagi waktu dan energi antara aktifitas boarding dan aktifitas kampus. Akan lebih melelahkan memang. Tapi peningkatan kualitas yang diperoleh akan jauh lebih baik.

#12. Pilih yang dekat tempat Ibadah

Maaf, mestinya ini urutan pertama, kedua atau paling tidak ketiga. Tapi tidak apa-apalah, ini dicantumkan agak belakangan.

Apapun agama teman-teman, jangan lalaikan beribadah. Karena ibadah adalah jalur komunikasi, jalur permohonan antara kita dengan ang pencipta.

Jika teman-teman seorang muslim, maka pilihlah tempat kost yang dekat dengan Masjid. Lebih baik lagi jika dekat dengan masjid yang menjadi pusat kegiatan di kampus teman-teman, atau biasa dikenal dengan Masjid Kampus. Jika tidak bisa, pilihlah tempat kost dekat masjid yang memiliki aktifitas keagamaan yang bagus. Tidak hanya sholat jum’at, ramadhan dan kegiatan hari raya saja.

Sekedar info.

Saat saya kuliah di Purwokerto, saya bergabung dengan system boarding di Pesantren Mahasiswa (pesma) Fatimatuzzahra. Tempatnya juga berada di kompleks Masjid Fatimatuzzahra dan Kampus Unsoed. Jadi dekat dengan kampus sekaligus dekat dengan masjid. Lumayan, sambil kuliah sekalian belajar Al-Qur’an dan belajar mengahafalkannya. Oiya, ada tips praktis menghafalkan Al-Qur’an bagi temen-temen mahasiswa yang sibuk, dapat dilihat disini.

Demikian teman-teman, jangan salah memilih tempat kost ya. Mudah-mudahan Allah SWT memudahkan teman-teman menemukan tempat kost yang ideal dan membawa sisi positif buat kuliah dan kehidupan teman-teman. Jangan lupa dibagikan ya!

Note: Inspirasi tulisan ini dari sini.

 

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/sahabatperawat/tips-memilih-kost-yang-sehat_5511210ba333112542ba7ef6




banner-1

One thought on “12 Pertimbangan Memilih Tempat Kost Ideal beserta Alasannya

  1. Ping-balik: Fresh Greengarden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *