3 Tips Memprediksi Market Demand bagi Lulusan Kuliah

memprediksi market demand pasar kerja Memprediksi market demand artinya memperkirakan kebutuhan pasar atau dunia kerja pada masa 5 atau 10 tahun yang akan datang akan seperti apa. Kemampuan memperkirakan kebutuhan dunia kerja dapat mengurangi kemungkinan gagalnya lulusan memasuki dunia kerja karena tidak sesuainya pilihan jurusan yang dipilih atau skill yang dimiliki dengan permintaan dari dunia kerja.

Mengetahui market demand 5 atau 10 tahun yang akan datang bukan perkara gampang dan pasti. Oleh karenanya dalam tulisan ini digunakan istilah ‘memprediksi’ bukan ‘mengetahui’. Jadi kalau ada salah-salah sedikit, ya wajarlah.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memprediksi market demand 5 – 10 tahun yang akan datang. Berikut ini beberapa caranya:

  1. Memperhatikan kebijakan pemerintah

Tips pertama untuk memprediksi market demand adalah dengan memperhatikan kebijakan pemerintah. Seperti apa dan ke mana arah perkembangan kebijakan negara.maka kurang lebih seperti itu pula market demand yang terbentuk. Contoh: Bila negera memiliki kebijakan untuk mengembangan bisnis pada sektor industri berat, misal industri pengolahan logam, besi, baja dan sejenisnya. Maka sarjana yang memiliki skill pada seputar industri pengolahan logam beserta turunannya memiliki peluang lebih besar  untuk diterima market (pasar kerja).

Bagaimana kita mengetahui perkembangan kebijakan pemerintah ini? Cara paling gampang, adalah dengan rajin-rajin memantau surat kabar nasional ataupun situs warta berita. Pilih yang kredibel tentunya ya, jangan yang abal-abal dan isinya sudah kedaluarsa.  Atau kalau mau cara sedikit lebih elegan, ikuti media sosialnya para menteri tertentu, baik tweeter atau G+. Semoga ada pencerahan dari sana.

  1. Memperhatikan perkembangan ekonomi negara

Tips untuk memprediksi demand market yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan perkembangan perekonomian negara. Bila negara sedang tumbuh ekonominya, negara akan mengeluarkan kebijakan yang mendorong tumbuhnya iklim usaha yang sehat. Jika ini yang terjadi maka perusahan besar biasanya akan semakin mengembangkan sayapnya, mereka melakukan ekspansi ke luar negeri. Jika ini yang terjadi, maka ini market demand yang dibutuhkan adalah skill tentang strategi dan manajemen.

Skill tentang strategi dan manajemen sebuah perusahaan, baik itu pada sisi human resource, atau yang lainnya, sejatinya selalu dibutuhkan setiap tahun. Namun, permintaan akan para menajer handal akan semakin meningkat tatkala perusahaan-perusahaan melakukan ekspansi besar-besaran. Khabar baiknya, fenomena ini sedang terjadi pada tahun-tahun ini.

  1. Memperhatikan perkembangan teknologi dan informasi

Teknologi selalu berkembang melesat di luar perkiraan. Sepuluh tahun yang lalu, jika mau beli tiket pesawat atau kereta api, repot luar biasa. Sekarang, hanya tinggal pencet sana pencet sini, tak perlu beranjak dari tempat duduk bahkan bisa dilakukan sambil minum kopi, tiket pesawat atau kereta api dengan mudah dapat diperoleh. Itulah hebatnya teknologi.

Kehebatan teknologi tidak hanya terkait bagaimana memperoleh tiket dengan cepat dan mudah, namun kini telah mencakup hampir semua bidang kehidupan. Apa lagi dengan semakin murahnya harga smartphone, akses teknologi  dan informasi mengalir demikian deras.

Fenomena-fenomena tersebut membuka peluang bagi mereka yang melek teknologi terutama para programer, tukang coding atau para data analis untuk ‘diburu’ oleh perusahaan-perusahaan bonafid untuk meningkatkan keuntungan mereka. Karena, sekarang zamannya teknologi bukan zamannya siti nurbaya.

Demikianlah beberapa tips untuk memprediksi market demand dalam lima atau sepuluh tahun yang akan datang. Sebenarnya masih banyak tips yang dapat dilakukan untuk memprediksi market demand ini. Namun semoga tiga tips ini dapat membantu anda menemukan market demand yang cocok untuk passion dan skill yang anda miliki.

Bagikan Tulisan Ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.