5 Keterampilan Dasar yang Wajib dimiliki Mahasiswa di Era Digital

Keterampilan Dasar di Dunia digitalEra digital semakin melesat tak terkira. Beragam media dan platform hadir. Semua itu tampaknya membuat hidup manusia menjadi lebih mudah, lebih indah dan mudah-mudahan lebih berkah. Namun demikian, sebagai mahasiswa jangan sampai kemajuan digital tersebut menjadikan anda hanya sebagai penikmat saja, tanpa berusaha menjadikannya sesuatu yang bermanfaat dan mampu meningkatkan kualitas diri.

Gaptek atau gagap teknologi mungkin masih bisa dimaklumi jika disampaikan 10 sampai 15 tahun yang lalu. Tapi TIDAK untuk sekarang. Menjadi gaptek di era digital hanya akan membuat kita tampak aneh di hadapan kecanggihan teknologi.

Berikut ini beberapa skill atau keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh mahasiswa yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Bukan hanya agar anda tampak keren dan melek teknologi, tapi juga menjadi nilai lebih bagi anda terutama yang tidak kuliah pada jurusan seputar Komputer dan Teknologi Informasi. Apa saja keterampilan dasar itu? Simak uraiannya di bawah ini.

Skills 1 : Menguasai Microsoft Office. Ada yang masih belum bisa memakai Ms. Excel atau Ms. Powerpoint? Mudah-mudahan tidak ada. Jika ada, terlalu! Kalau cuma Ms. Word, anak SD juga sudah banyak yang bisa.

Harus diakui, Ms. Office (terutama Word, Excel dan Powerpoint) memang merupakan salah satu teknologi aplikatif dunia modern yang membuat jutaan pekerja kantoran terbantu. Tanpa ketrampilan MS Office yang baik, mereka termasuk anda dan saya tak akan pernah bisa menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

Oleh karenanya, saya sangat menganjurkan anda untuk mempelajari dan melatih keterampilan yang sangat basic ini. Minimal 3 aplikasi Office tadi, yaitu Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Powerpoint.

Pelajari lebih lanjuttutorial Ms. Word, Ms. Excel dan bagaimana template presentasi skripsi menggunakan Ms. Powerpoint.

Skills 2 : Mengerti tentang Cloud Computing.Semoga Anda semua sudah tahu apa itu istilah Cloud Computing yang saya maksud. Cloud artinya awan sedangkan computing dapat diartikan sebagai proses komputasi atau pengimpanan data. Maka Cloud Computing atau Komputasi Awan dapat dimaknai sebagai proses penyimpanan data, baik teks, gambar, software, audio maupun video kita pada penyedia server. Data tersebut dapat kita unduh atau kita kirimkan kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.

Ada banyak penyedia layanan penyimpanan data di server mereka, baik itu gratis atau berbayar. Beberapa di antaranya seperti Box, Dropbox atau iCloud atau Amazon Cloud Services.

Mengapa keterampilan ini penting? Sebab ini menjadi salah satu antisipasi saat file di laptop kita corrupt, atau flashdisk tempat kita menyimpan data hilang entah kemana. Dengan menyimpan data pada cloud storage, kita bisa setiap waktu mengakses seluruh file data kita, dimana pun kita berada, sepanjang ada koneksi internet.

Skills 3 : Membuat Personal Blog. Keterampilan ini tampaknya seperti sebuah keterampilan tingkat tinggi yang hanya dikuasai oleh mereka yang kuliah atau berkecimpung di dunia komputer dan TI. Tapi sesungguhnya tidak. Semua orang bisa belajar bagaimana membangun personal blog, selama ada kemauan. Karena tutorialnya bertebaran di jagat internet. Anda tinggal Googling saja, insya Allah ketemu.

Menurut saya, generasi digital seperti anda, mestinya menguasai skill ini. Sebab dengan cara itu, kita bisa ikut berperan sebagai digital content creator, dan bukan sekedar passive digital consumer.

Memang, untuk membangun sebuah personal blog yang kredibel membutuhkan biaya, minimal untuk beli hosting dan domain. Namun tidak terlalu mahal, paling hanya 300ribu per tahun untuk pemula. Itu sudah sangat cukup.

Selain itu, untuk membangun personal blog yang bagus harus didukung oleh ketrampilan-keterampilan lain seperti mengubah tipe file (File Converting), dasar-dasar HTML dan koding. Sehingga tampilan blog anda menjadi lebih manis dan elegan.

Mudah-mudahan, keterampilan ini menjadi salah satu pelajaran wajib di setiap kampus dan menjadi syarat kelulusan, apapun jurusan dan program studinya.

Skills 4 : Membangun Personal Online Branding. Di jagat internet ada banyak tools yang dapat anda gunakan untuk menaikkan Personal Brand. Ada facebook, ada slideshare, ada twitter, ada youtube dan ada juga LinkedIn. Dan mungkin personal blog yang kita punya.

Pertanyaannya adalah: bagaimana kita memanfaatkan semua tools tersebut untuk mempromosikan Personal Brand kita. Sehingga, jika orang membuka internet kemudian mengetikan nama anda pada bilah telusur Google, nama anda muncul di hasil pencarian Google pada halaman pertama. Munculnya nama anda tentu harus diiringi oleh profil keterampilan dan pengalaman yang anda miliki.

Oleh sebab itu, anda harus bisa meninggalkan jejak personal brand versi digital yang kuat dan impresif. Sebab semuanya akan tercatat dalam mesin Google.

Suatu saat, jejak digital yang kuat itu barangkali akan memberikan sumbangan besar bagi perjalanan karir atau kehidupan profesional Anda.

Skills 5 : Menjadi Pembelajar Digital. Banyak di antara kita yang memanfaatkan Facebook hanya untuk haha hihi , bertemu dengan sahabat lama atau mantan pacar saat SMA. Namun ada juga yang memanfaatkannya untuk jadi arena pembelajaran yang keren dan inspiratif. Asal kita tahu, ada begitu banyak sumber ilmu yang terbentang di balik ratusan PAGE facebook.

Demikian juga Youtube. Youtube, yang sekarang telah menjadi salah satu search engine favorit di dunia, ternyata juga memiliki puluhan channel yang penuh manfaat, dan menawarkan beragam ilmu yang dapat kita pelajari dengan gratis. Ada lagi twitter, linkedIn, slideshare dan masih banyak lagi.

Dan tentu saja, kita juga bisa membaca beragam web sekedar untuk baca tips atau berita ini itu, yang sering kali tidak ada kaitannya dengan profesi dan nasib anda, atau untuk menekuni web-web yang kaya akan inpirasi dan ilmu pengetahuan.

Skills digital yang terakhir ini, insyaAllah akan membuat kita menjadi active digital learner yang bisa memanfaatkan semua medium yang ada sebagai arena pembalajaran dengan mutu yang tinggi.

Demikianlah 5 Keterampilan Dasar yang Wajib dimiliki Mahasiswa di Era Digital. Ingatlah, era digital ini terus berlari dan akan meninggalkan mereka yang hanya menjadi konsumen tanpa mencoba memanfaatkannya untuk menciptakan masa depan yang lebih indah.

One thought on “5 Keterampilan Dasar yang Wajib dimiliki Mahasiswa di Era Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.