Mengenal Jurusan Fisioterapi

jurusan fisioterapi, mengenal jurusan fisioterapiJurusan Fisioterapi adalah salah satu jurusan yang belum banyak orang tahu. Fisioterapi masih asing di telinga banyak orang, padahal peluang kerjanya sangat terbuka lebar dan minim persaingan. Mengenai prospek kerja dari alumni jurusan fisioterapi ini, anda dapat membacanya lebih lanjut di sini.

Jurusan Fisioterapi biasanya ada dipelajari pada suatu akademi khusus yaitu Akfar (Akademi Farmasi) atau pada sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKes), seperti di STIKes Al-Irsyad Cilacap misalnya. Fisioterapi merupakan suatu teknik atau bentuk pengobatan untuk menormalkan atau mengembalikan fungsi suatu organ tubuh dengan memakai energi atau tenaga alam (bukan tenaga dalam ya!).

Tenaga alam yang dipakai untuk pengobatan dalam fisioterapi ada banyak bentuknya, antara lain arus listrik, sinar, panas, dingin, massage (pemijatan) dan excercise (latihan). Namun demikian, penggunaan tenaga alam tersebut tetap harus disesuaikan dengan batas toleransi penderita sehingga didapatkan efek pengobatan yang tepat tanpa membuat pasien sakit atau menderita.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia memberikan batasan pengertian Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi. Pengertian lain fisioterapi adalah merupakan ilmu yang menitikberatkan pengobatannya untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak.

Fisioterapi pada praktiknya banyak menitikberatkan pada penanganan otot, tulang dan sendi beserta jaringannya. Penanganannya dapat dilakukan dengan bantuan alat atau tanpa bantuan alat. Contoh bentuk-bentuk penanganannya antara lain: memberikan pemijatan pada area tertentu, memberikan latihan pada otot atau sendi tertentu, memberikan arus listrik terkontrol, ataupun melakukan penyinaran dengan sinar infra merah.  Bentuk yang lain dari penanganan fisioterapi antara lain memberikan latihan naik turun tangga, latihan berjalan menggunakan alat bantu atau dengan merambat pada pegangan tertentu.

Penyinaran dengan sinar infra merah yang dilakukan dalam fisioterapi bukanlah penyinaran yang dapat merusak atau mematikan sel-sel dalam tubuh seperti yang banyak dikhawatirkan oleh sebagian masyarakat. Penyinaran ini aman sebab dilakukan dengan terkontrol  berdasarkan riset mendalam dan sebagaimana kita ketahui, sinar infra merah terdapat pula pada sinar matahari.

Jadi fisioterapis (orang yang melakukan fisioterapi) bukanlah tukang urut atau tukang pijat, walaupun mereka juga mempelajari dan menangani urusan otot, tulang dan sendi sehingga mengerti juga tentang urusan pijat dan urut. Namun keahliannya lebh dari itu.

Istilah lain yang memiliki kesaman arti dengan fisioterapi adalah Physical therapy, Physiotherapy, Terapi Fisik, atau kadang juga disebut pulih fisik.

Lantas, apa yang dipelajari dalam kuliah fisioterapi ini?

Kuliah di jurusan fisioterapi akan banyak mempelajari tentang struktur, fungsi dan mekanisme alat gerak pada tubuh, terutama terkait dengan otot, persendian dan fungsi-fungsinya. Selain itu akan dipelajari pula tentang penanganan bermacam gangguan yang terjadi pada alat gerak tersebut baik dengan menggunakan alat atau tanpa menggunakan alat. Tentu saja, praktik menjadi sangat penting selama kuliah agar penanganan yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Pelayanan Fisioterapi diyakini relatif aman karena tidak menggunakan obat-obatan dan bahan kimia. Selain itu, sesuai dengan tujuannya yaitu mengembalikan atau menormalkan fungsi dari organ tubuh, fisioterapi diyakini mampu menjadi alternatif penunjang dari metode pengobatan lainnya seperti obat-obatan maupun operasi.

Bagaimana, sudah ada gambaran tentang pengertian jurusan fisioterapi? Semoga sudah. Jika belum, anda dapat berkelana di jagat internet ini untuk mendapat referensi dan informasi tambahan tentang fisioterapi yang lebih lengkap lagi.

2 thoughts on “Mengenal Jurusan Fisioterapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *