Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Perguruan Tinggi Swasta

memilih perguruan tinggi swastaJumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia jauh lebih besar dibandingkan jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN), namun peminat PTN selalu melonjak jauh menninggalkan peminat PTS. Melonjaknya peminat PTN biasanya karena alasan biaya yang lebih murah dan dianggap lebih berkualitas dibanding PTS.

Padahal tidak demikian.

PTN, dulu memang dianggap sebagai perguruan tinggi yang difasilitasi dan dikelola oleh negara sehingga biaya kuliahnya relatif lebih terjangkau . Namun kenyataannya, PTN tetap saja mematok biaya tinggi. Hal ini terutama jika masuknya melalui jalur Ujian mandiri, bukan melalui SNMPTN atau program-program penelusuran siswa berpotensi atau berprestasi. Jadi, untuk masalah biaya sebenarnya tidak jauh beda antara PTN dengan PTS.

Namun demikian, tetap saja ada beberapa pertimbangan utama dalam memilih sebuah perguruan tinggi swasta.

1. Akreditasi

Pertimbangan akreditasi sebuah perguruan tinggi swasta memang menjadi pertimbangan yang harus difikirkan. Pilihlah perguruan tinggi swasta yang memang sudah terakreditasi oleh BAN PT. Kita patut mempertimbangkan ulang jika ternyata perguruan tinggi swasta yang akan kita pilih belum terakreditasi.

Apakah harus berakreditasi A?

Jika ada, itu baik. Namun yang perlu diketahui bahwa akreditasi adalah sebuah proses perbaikan sebuah perguruan tinggi yang cukup panjang dan rumit. Artinya, perguruan tinggi itu sedang mengajukan akreditasi, itu telah menunjukkan iktikad baik untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Akan lebih baik lagi,  jika telah terkreditasi walaupun baru memperoleh predikat C.

Dari mana kita mengetahui apakah sebuah perguruan tinggi sudah terakreditasi atau belum? Tinggal cek aja di internet, klik situs www.ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.

Status akreditasi adalah yang pertama yang harus dichek walaupun tidak otomatis menjadi pertimbangan utama.

  1. Kelengkapan Program Pendidikan

Pertimbangan memilih perguruan tinggi swasta yang kedua adalah kelengkapan program pendidikannya. Maksudnya adalah, apakah perguruan tinggi tersebut hanya memberikan pengajaran dan pendidikan seputar akademik saja? Apakah hanya memberi bekal tentang materi kuliah dan praktik saja? Atau lebih dari itu?

Pertimbangan ini penting sebab di zaman sekarang, seorang fresh graduate akan sangat sulit untuk diterima bekerja jika hanya semata-mata mengandalkan ijazah dan IPK. Ada faktor-faktor lain yang sebenarnya dipertimbangkan oleh banyak perusahan ketika menyleksi calon karyawannya. Faktor-faktor tersebut misalnya: kemampuan berorganisasi, kemampuan management waktu, kepemimpinan dan integritas moralnya.

Saran saya pilihlah perguruan tinggi swasta yang memiliki program pendidikan relatif lengkap bagi mahasiswanya, baik itu sisi hard skill, soft skill maupun moralnya.

  1. Usia Perguruan Tinggi

Bagi perguruan tinggi swasta, faktor usia patut dipertimbangkan. Mengapa demikian? Karena jika perguruan tinggi tersebut telah berusia cukup lama, apa lagi lebih dari 10 tahun, dan masih berdiri hingga kini. Hal itu menunjukan bahwa perguruan tinggi tersebut telah memiliki reputasi yang cukup bagus, baik di mata masyarakat maupun pasar kerja.

Bagaimana mengetahuinya?

Ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Kita bisa mengetahuinya dengan mengunjungi situs resminya di internet. Cara lain adalah dengan bertanya kepada bagian penerimaan mahasiswa baru saat kita survei atau hendak mendaftar.

  1. Prospek Lulusan

Pertimbangan selanjutnya yang cukup penting adalah prospek lulusan. Apakah lulusannya sebagian besar cepat diterima di pasar kerja? Apakah ada komplain dari penerima kerja terkait lulusannya? Jika lulusannya relatif cepat diterima oleh pasar kerja, maka itu berarti perguruan tinggi tersebut memang berkualitas.

Buat apa kuliah di perguruan tinggi keren tapi susah cari kerjanya? Kan begitu.

Keempat poin tersebut patut menjadi pertimbangan ketika memilih sebuah perguruan tinggi swasta. Usahakan memilih perguruan tinggi swasta yang memenuhi  paling tidak tiga di antaranya, syukur-syukur bisa semuanya.

Oya, bagi anda yang mencari informasi pendaftaran mahasiswa baru, ada info bagus di sini.

Bagikan Tulisan Ini:

4 thoughts on “Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Perguruan Tinggi Swasta

  1. Benar sekali. Sekarang Perguruan tinggi Negeri dan Swasta nyaris sama saja kualitasnya. Soal kualitas lulusan tergantung pada mahasiswanya masing-masing. Artikel ini cukup membantu bagi yang hendak memilih perguruan tinggi swasta. Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.