Prospek dan Peluang Kerja Jurusan Teknik Sipil (Civil Engineering)

prospek jurusan teknik sipilApakah ada teman-teman yang berminat masuk ke jurusan teknik sipil? Tapi masih ragu dengan peluang dan prospek kerjanya? Jangan khawatir. Berikut ini adalah penjelasan tentang prospek kerja dan peluang dari alumni jurusan teknik sipil. Silahkan di simak.

Teknik sipil adalah salah satu jurusan dari kelompok studi IPA (Ilmu pengetahuan Alam). Prospek masa depan dari lulusan teknik sipil, khususnya di Indonesia sangat cerah. Sebab Indonesia adalah negara berkembang yang sangat membutuhkan para sarjana teknik sipil untuk pembangunan dan pengembangan infrastruktur di wilayahnya. Pembangunan dan pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia sangat membutuhkan kemampuan alumni teknik sipil ini sebagai tenaga ahli.

Sebenarnya, ilmu teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu yang cukup tua. Penggunaan ilmunya sudah diaplikasikan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Contoh nyatanya adalah pembangunan pyramid di Mesir. Pembangunan pyramid yang demikian kokoh dan mampu bertahan hingga berabad-abad kemudian adalah bukti bahwa ilmu teknik sipil sudah ada dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.

Para mahasiswa teknik sipil akan mempelajari banyak hal tentang teknik dan teknologi pembangunan dan pengembangan beragam bangunan dan infrastruktur. Mulai dari membangun Rumah Sakit, jembatan, jalan layang, bandara, pelabuhan, bendungan, sampai gedung pencakar langit. Teknik sipil bertanggung jawab berdasarkan ilmunya untuk memastikan bangunan yang dibangunnya kuat, aman dan tahan lama.

Seperti namanya, jurusan kuliah teknik sipil lebih fokus pada bangunan-bangunan sipil, bukan bangunan atau infrastruktur militer.

Kuliah jurusan teknik sipil lebih berorientasi pada bagaimana membangun sebuah bangunan dan infrastruktur lainnya. Berbeda dengan arsitek, ia lebih berorientasi pada perancangan agar bangunan menjadi indah dan dengan memperhatikan efisiensi ruang dan bahan. Secara sederhana, jurusan teknik sipil menjadi pelaksana di lapangan untuk mewujudkan rancangan dari arsitek. Jadi lebih sebagai orang lapangan dari pada orang kantoran. Walaupun bukan berarti alumni teknik sipil tidak punya atau jarang ngantor.

Bagaimana dengan prospek atau peluang kerjanya?

Prospek atau peluang kerja jurusan teknik sipil, sebagai mana disebutkan di awal, sangat luas. Apa saja?

#1. Menjadi Dosen

Seorang lulusan teknik sipil dapat menjadi dosen pada universitas atau perguruan tinggi yang ada jurusan tekniknya. Peluang ini sangat terbuka, karena di Indonesia masih jarang ahli di bidang ini. Selain itu, pembangunan yang dilaksanakan di berbagai daerah terutama di luar pulau jawa sangat membutuhkan para lulusan teknik sipil.

Banyaknya kebutuhan para lulusan teknik sipil, menjadikan beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, membuka jurusan teknik sipil ini. Pembukaan jurusan teknik sipil tentu membutuhkan dosen untuk menjadi pengajarnya. Jika teman-teman ingin menjadi dosen pada jurusan teknik sipil ini, tentu IPKnya harus tinggi atau cum laude.

Tentang bagaimana cara mendongkrak nilai IPK, teman-teman bisa membacanya di sini.

Selain memiliki IPK tinggi, sebelum masuk mendaftar jadi dosen sebaiknya teman-teman melanjutkan kuliah terlebih dahulu sampai minimal jenjang S2. Hal ini agar keilmuan teman-teman alumni teknik sipil benar-benar matang dan memenuhi syarat untuk menjadi dosen.

#2. Menjadi PNS

Alumni teknik sipil juga berpeluang untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) pada beberapa Kementerian. Misalnya, kementerian pekerjaan umum, kementerian perhubungan atau kementerian pemukiman dan Infrastruktur wilayah.

Gaji tetap, kenaikan karier yang stabil dan berbagai fasilitas penunjang lainnya, membuat prospek kerja di PNS bagi alumni teknik sipil cukup menggoda dan menjadi idaman banyak orang. Apa lagi ditambah adanya uang pensiun setelah purna tugas nantinya. Karena itu jika ada penerimaan atau test CPNS, pendaftarnya akan membludak. Padahal kadang formasi yang tersedia hanya 1 5 orang.

Apalagi, Indonesia sedang giat membangun dan mengembangkan wilayah-wilayah di berbagai pelosok negeri. Tentu pekerjaan alumni teknik sipil sangat terbuka lebar untuk mempercepat proses pembangunan tersebut.

#3. Menjadi Kontraktor

Menjadi kontraktor berbagai proyek pembangunan infrastruktur menjadi peluang bagi alumni teknik sipil selanjutnya.

Mengapa seorang lulusan teknik sipil dapat menjadi kontraktor?

Karena ia memang memiliki ilmu yang sangat mendukung terkait pembangunan infrastruktur jalan, jembatan atau bangunan. Seorang teknik sipil dalam kuliahnya mempelajari tentang teknologi bahan bangunan, mekanika tanah, struktur beton, struktur kayu, struktur baja,manajemen proyek bahkan sampai bagaimana membuat rancangan anggaran biaya pembangunannya.

Tidak hanya itu, pada kuliah teknik sipil uga dipelajari bermacam program komputer yang terkait dengan keilmuannya seperti AutoCAD, SAP 2000, eTABS dan sebagainya.

Ilmu-ilmu tersebut sangat dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur sipil, baik itu bendungan, rumah sakit, jalan raya, terowongan ataupun apartemen.

Mungkin ada yang berpendapat, menjadi kontraktor tidak harus lulusan teknik sipil. Sebab kita dapat saja mempekerjakan orang teknik sipil untuk menganalisis, mengerjakan atau mengawasi proyek kita tanpa kita harus tahu tentang ilmu teknik sipil.

Sekilas, pendapat itu ada benarnya. Tetapi, jika jalan itu yang ditempuh, maka perusahaan kontraktor tersebut akan sulit berkembang. Sebab pimpinannya sendiri tidak mengerti dengan pekerjaan perusahaannya.

Sebaliknya, jika pimpinannya adalah orang yang mengerti dengan bidang kerja dan seluk-beluk perusahaannya, maka perusahaan tersebut memiliki kemungkinan besar untuk dapat berkembang pesat.

Sebagai contoh, Bill Gates (pendiri Microsoft) dan Mark Zukenberg (Bos Facebook) adalah para programmer handal. Dan kita lihat, perusahaan yang mereka dirikan atau mereka pimpin, berkembang sangat maju. Itu karena mereka mengerti benar dengan inti pekerjaan perusahaan mereka.

#4. Menjadi Konsultan Proyek

Konsultan proyek artinya ia hanya membantu dari sisi tinjauan keilmuan saja. Ia tidak masuk dalam urusan teknis di lapangan. Konsultan juga tidak harus turun ke lapangan meninjau proyek dari kliennya.

Konsultan proyek bisa memberikan pertimbangan kepada klien terkait proyek yang sedang dikerjakan tentang banyak hal. Misalnya, pemilihan bahan kontruksi yang kuat dan efisien, pertimbangan dampak lingkungan dari bahan bangunan yang dipilih dan bentuk bangunannya atau terkait aspek keselamatan kerjanya.

Konsultan lebih mandiri dalam bekerja dan tidak terikat dengan perusahaan atau institusi apapun selain yang terkait dengan klien proyeknya. Pekerjaan konsultan teknik sipil ini lebih tepat untuk teman-teman yang menyenangi kemandirian kerja.

#5. Menjadi pegawai BUMN

BUMN ini adalah badan atau perusahaan yang dibangun khusus untuk menangani bidang tertentu. Umumnya karyawan yang bekerja pada BUMN tidak berstatus PNS. Namun demikian, jangan khawatir, gaji dan tunjangan yang diterima seorang karyawan BUMN sangat menggiurkan dan insyaAllah lebih dari cukup.

BUMN yang bisa dimasuki oleh para lulusan teknnik sipil juga tidak jauh-jauh dari proyek pembangunan infrastruktur. Contohnya, pada Hutama Karya (HK). BUMN ini banyak bergerak pada pembangunan jalan dan jembatan. Selanjutnya Waskita Karya (WK). WK lebih banyak bergerak dalam hal gedung dan bangunan. Dan masih banyak lagi.

#6. Menjual jasa Online

Menjual jasa, pengetahuan dan skill secara online adalah peluang alumni teknik sipil selanjutnya.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk dapat melakukan hal tersebut adalah dengan membangun blog yang berkualitas terkait ilmu-ilmu teknik sipil. Isinya spesifik tentang ilmu-ilmu teknik sipil.

Buatlah blog yang berisi bermacam artikel bermanfaat dan bisa membantu para pembaca. Sisipkan pula beberapa video yang masih terkait dengan keilmuan teknik sipil. Bangunlah blog tersebut secara konsisten.

Jika pengunjung blog sudah mencapai 500 orang perhari, teman-teman bisa mempromosikan jasa dan keahlian teman-teman atau bisa juga membuat produk digital untuk dijual secara online melalui blog tersebut.

Produk digital yang seperti apa?

Misalnya, kursus online berseri tentang bagaimana membangun rumah yang elegan dan sehat pada lahan minimalis. Buat panduan berseri mulai dari pengertian dan indikator rumah sehat, bahan-bahan yang digunakan, memilih bahan secara efisien dan aman, bagaimana menyusun RAB, sampai pada aplikasi pemilihan aksesoris.

Saya tidak akan membahasnya secara panjang lebar di sini. Tapi, peluang menjual jasa secara online ini sangat prospektif. Apalagi sekarang zaman sudah serba online.

Teman-teman bisa mencari turial cara membangun blog yang bagus di internet. Banyak sekali. Saya sendiri belajar membangun blog www.infomahasiswa.com ini di sini.

#7 Bidang lain.

Apakah lulusan teknik sipil juga memiliki peluang kerja di luar bidang-bidang tersebut?

Ya. Para alumni teknik sipil memiliki peluang kerja di bidang-bidang umum seperti pada Bank misalnya. Kok bisa? Bisa saja. Seorang alumni teknik sipil berperan untuk menganalisa proposal atau rancanga anggaran pembiayaan proyek-proyek yang akan dibiayai oleh bank. Apakah proyek tersebut masuk akal, bagaimana tingkat keberhasilannya, dan aspek-aspek teknis lainnya. Dengan demikian bank dapat memutuskan apakah proyek tersebut cukup profitable atau tidak jika pinjaman dikucurkan ke sana.

Demikianlah, beberapa contoh prospek atau peluang kerja yang terbuka bagi para alumni atau lulusan jurusan teknik sipil. Bagi teman-teman yang sekarang sedang kuliah atau akan kuliah di jurusan teknik sipil, jangan khawatir, peluang kerja di masa depan masih terbuka dengan sangat lebar. Tentu asal kita memiliki kompetensi yang memadai dan mentalitas yang bagus. Bukan hanya asal lulus, tapi kemudian ia linglung setelah lulus. (Penjelasan lengkapnya bisa teman-teman baca di sini).

Tambahan saja, teman-teman juga dapat membaca 7 langkah jitu bagaimana mendongkrak nilai IPK di artikel ini.

Jangan lupa untuk share tulisan ini agar banyak teman yang mendapat manfaat dari artikel tentang prospek kerja lulusan teknik sipil ini.



banner-1

4 thoughts on “Prospek dan Peluang Kerja Jurusan Teknik Sipil (Civil Engineering)

    1. Ente lulusan PAI?
      InsyaAllah banyak yang bisa dikerjakan. Misalnya:
      1. Membuka PAUD + Tahfidzul Qur’an (fokus keunggulan di tahfidzul Qur’an)
      2. Membuka les privat membaca Al-Qur’an, 1 bulan lancar membaca Al-Qur’an yang bergaransi.
      3. Mengajar di pondok pesantren
      4. Mengajar di sekolah-sekolah berbasis islam semacam sekolah Al-Irsyad, Al-Azhar, dsb.
      5. InsyaAllah masih banyak lagi.

      Kuncinya, terus berusaha, terus berdo’a.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *